Pemerintah Dorong Lahirnya Inovasi dari Dana Desa

Pemerintah mendorong setiap desa memanfaatkan Dana Desa untuk menciptakan inovasi guna mengembangkan Ekonomi Desa.

Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes – PDTT) Anwar Sanusi mengatakan, selain membangun infrastrktur, dana desa akan didorong untuk pengembangan SDM dan produktivitas ekonomi perdesaan.

Untuk itu, diperlukan terobosan dalam menciptakan inovasi-inovasi desa yang akan menjadi platform baru untuk meningkatkan perekonomian desa.

Anwar mengatakan, pihaknya melalui program Pilot Inkubasi Inovasi Desa: Pengembangan Ekonomi Lokal (PIID-PEL) terus mendorong tiap desa untuk terus berinovasi dalam upaya meningkatkan perekonomian di desa.

“Inkubasi inovasi desa membentuk pilot-pilot yang terkontrol dalam sebuah sistem yang diharapkan pilot-pilot ini menjadi rujukan bagi desa-desa yang nanti akan mengembangkan program inovasi desa,” ujarnya di Jakarta (6/9/2019).

Menurutnya, selama ini PIID-PEL sudah berhasil menelurkan satu aktivitas produktif yang bermanfaat di pedesaan.

“Sudah lebih dari 13.000 jenis inovasi direflikasi di tempat lain dan didokumentasikan. Sehingga bisa jadi show case atau percontohan di tempat lain,” ungkapnya.

Anwar menjelaskan bahwa ada ruang untuk inovasi bisa berkembang melalui satu wadah, yaitu bursa inovasi desa yang merupakan arena dari desa-desa untuk menampilkan buah karya kreativitas dari yang dihasilkan.

Ia menerangkan ada beberapa tahap pembenahan yang harus dilakukan agar program tetap berjalan. Antara lain program inovasi harus menyesuaikan dengan konteks kekinian. Selain itu, perlu juga keterlibatan swasta terkait anggaran untuk kepentingan bersama untuk keberlanjutan program inkubasi inovasi desa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here